Melayani setulus hati, memberikan yang terbaik

Ini Dia 3 Inovasi Berbasis Teknologi Arab Saudi yang Kian Menarik Wisatawan Luar Negeri

Kategori : Teknologi, Features, Ditulis pada : 17 April 2024, 17:36:50

Siapa sangka, Saudi kini makin gencar menerapkan inovasi berbasis teknologi untuk tarik wisatawan mancanegara dari seluruh penjuru dunia. Saudi menargetkan untuk mendatangkan jutaan turis pada tahun 2030 mendatang. Oleh karena itu mereka cukup aktif meningkatkan user experience atau wisatawan yang mengunjungi wilayah mereka supaya jumlah pengunjungnya semakin meningkat dari waktu ke waktu.

yaroslav-muzychenko-xG-pV6Eu-bE-unsplash.jpgPhoto by Yaroslav Muzychenko on Unsplash

Setidaknya, ada 3 inovasi berbasis teknologi yang diadopsi oleh Arab Saudi hingga tahun 2024 ini. Apa saja ya inovasinya? Yuk, mari kita simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Inovasi Berbasis Teknologi Saudi untuk Menarik Wisatawan

 

 

  • Aplikasi Nusuk dan KSA Visa

 

Saat ini, Arab Saudi memiliki platform khusus untuk mengurus keperluan umrah dan visa digital untuk mempermudah jamaah umrah dan wisatawan untuk pergi ke Arab Saudi. Melalui aplikasi Nusuk, Anda dapat memesan kebutuhan selama umrah seperti tiket pesawat, hotel, katering, dan transportasi selama di tanah suci. Untuk visa digital, ada KSA Visa yang bisa menghemat waktu Anda untuk mengurus visa secara digital. Dua aplikasi ini disinyalir menjadi pendorong banyaknya wisatawan dan jamaah umrah dari seluruh dunia datang ke Arab Saudi.

 

 

  • Taksi Terbang

 

Inovasi terbaru yang dirilis Saudi awal tahun 2024 ini adalah dengan memesan 100 jet bernama Lilium dari Jerman. Pesawat ini akan dioperasikan untuk mengantar jamaah umrah dan haji dari bandara King Abdul Aziz Jeddah ke hotel|hotel-hotel) di seputaran Masjidil Haram di Makkah. Disebut taksi terbang karena kapasitasnya hanya untuk 6 penumpang saja, dan dioperasikan terbatas dari bandara King Abdul Aziz ke landasan yang ada di hotel seputar Masjidil Haram di Makkah. Jamaah umrah dan haji sangat tertarik dengan inovasi ini, karena bisa memberikan pengalaman pengguna atu user experience yang lebih baik selama berada di tanah suci. 

 

 

  • Mobil Polisi Berteknologi AI

 

Selain taksi terbang, Saudi juga memperkenalkan mobil polisi yang canggih berteknologi AI untuk memperkuat armada kendaraan patroli Kepolisian Kerajaan Arab Saudi. Kendaraan canggih berwujud sedan dari Lucid tersebut diluncurkan Februari untuk meningkatkan efektivitas patroli keamanan di seluruh wilayah Saudi. Dengan berbekal teknologi AI, dilengkapi dengan kamera & drone, mobil listrik inovatif itu siap membantu pemerintah Saudi menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat. Saudi bahkan telah menandatangani perjanjian dengan produsen mobil Lucid untuk membeli 100.000 mobil sedan listrik tersebut. Seiring dengan meningkatnya keamanan di wilayah Saudi, diharapkan akan meningkatkan minat wisatawan untuk datang, karena merasa aman dan nyaman selama di Arab Saudi.

Nah, itulah 3 inovasi berbasis teknologi yang telah dihadirkan Saudi guna menarik para wisatawan dan jamaah haji serta umrah untuk datang ke wilayahnya. Hal ini tentunya menambah nilai plus bagi ekosistem haji dan umrah karena jamaah juga akan merasakan kebaikan dari inovasi strategis dari Saudi tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id